Banjir Bandang Hanyutkan Tiga Rumah Di Garut

10 Dec 2014

ec8eb5cbc3af39ebfa2b4ca7a1742c99_garut-banjir

Banjir bandang menghanyutkan sedikitnya tiga rumah semi permanen milik warga di Kabupaten Garut, Jawa Barat, kemarin. Tidak ada laporan korban jiwa sejauh ini dalam peristiwa itu.

Tiga rumah yang hanyut itu berada di Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang. Banjir berasal dari arus sungai Cibarengkok. Belum diketahui pasti jumlah rumah semi permanen yang dinyatakan hilang.

Luapan air sungai yang tiba-tiba membesar, setelah terjadi hujan deras yang mengguyur kawasan itu, membuat sejumlah warga panik dan berusaha menyelamatkan diri masing-masing.

Banjir bandang itu, yang menerjang sejumlah lokasi di Kecamatan Cikajang, merendam ratusan rumah milik warga dan tiga rumah, di antaranya terbawa hanyut hingga beberapa puluh meter.

Ketinggian air pada banjir bandang itu, menurut sejumlah warga, mencapai tiga meter sehingga membuat warga panik dan berhamburan menyelamatkan diri.

Pemerintah Kabupaten masih melakukan pendataan terkait jumlah rumah yang terendam serta lokasi yang terkena terjangan banjir bandang itu.

Sejumlah petugas gabungan dari TNI, Polri serta petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah membantu warga menyelamatkan barang-barang yang sempat terendam banjir.

Kepala BPBD Garut, Dikdik Hendrajaya menyatakan bahwa banjir bandang itu merupakan luapan air sungai Cibarengkok dan Cimanganten yang tak sanggup menampung volume yang datang dari arah hulu sungai.

Dikutip dari : viva.co.id


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post